Penyebab Sariawan Pada Bayi

5 Penyebab Sariawan Pada Bayi Usia 4 Bulan Hingga 16 Bulan

Penyakit sariawan atau stomatitis ini sebenarnya dapat menimpa siapa saja termasuk pada bayi sekalipun di usia 0 – 12 bulan. Sariawan yang terjadi pada usia balita tentu saja membuat kebanyakan orang tua kualir atau cemas.

Bagaimana tidak, munculnya sariawan yang dialami bayi akan membuat buah hati kesayangan menjadi rewel berkepanjangan, enggan makan maupun menyusu.

Untuk menghindari si bayi mengalami sariawan dikemudian hari, setidaknya bunda di rumah harus mengetahui beberapa penyebabnya. Agar sariawan tidak sering terjadi atau muncul kembali pada buah hati kesayangan.

5 Penyebab sariawan pada bayi

1. Berasal dari makanan dan minuman

Mulut bagi masih sensitif terhadap makanan dan minuman jenis tertentu dikarenakan daerah sekitar mulut masih lunak tidak sama kondisinya dengan mulut orang dewasa. Memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke mulut bayi tentu harus diutamakan. Jika tidak bisa jadi ini menjadi penyebabnya.

Makanan dan minuman sifatnya masih dalam kondisi panas sangat mempengaruhi kesehatan mulut bayi, sebaiknya perhatikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke mulut bayi.

2. Kebersihan mulut yang tidak terjaga

Banyak sekali bakteri dan kuman di dalam mulut yang dapat berkembang biak sehingga sariawan muncul. Agar sariawan tidak terjadi pada bayi, untuk mencegahnya cobalah para orang tua selalu membersihkan secara rutin bagian mulut bayi dengan kain lembut.

3. Daya tahan tubuh bayi menurun

Misalnya saja kekurangan vitamin C pada bayi juga dapat menjadi pemicu munculnya sariawan atau dikarenakan faktor cuaca karena dingin, mengkonsumsi makanan yang kurang bernutrisi bisa jadi munculnya penyakit ini pada bayi.

4. Traumatik

Anak akan menyesuaikan gigi yang baru tumbuh, hal ini akan membuat bayi kurang nyaman dengan adanya organ baru nya itu.

Untuk mengantisipasi bayi menggigit bagian disekitar mulut terutama pada gusi, cobalah memberikannya dot berbahan lunak yang sesuai dengan kondisi mulut si anak. Sehingga pertumbuhan giginya bagus.

5. Pengaruh obat – obatan

Saat kondisi bayi sedang sakit tentu kita kuatir dan bersegera pergi ke dokter dan dokter memberikannya obat. Sisa obat-obatan yang masih menempel pada mulut bayi sangat berkemungkinan munculnya masalah pada mulut bayi terutama penyakit sariawan.

Selain itu, sariawan seringkali terjadi pada bayi yang menginjak usia 6 bulan ke atas dikarenakan pada usia tersebut gigi bayi baru tumbuh dan belum terbiasa dengan organ barunya itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *